Free 2 Ebook Pemula Laravel Bahasa Indonesia Lengkap PDF

Home » , , , » Free 2 Ebook Pemula Laravel Bahasa Indonesia Lengkap PDF
Free Ebook Laravel Bahasa Indonesia Lengkap PDF, halo sobat sedot code. Saya ingin re-share ebook panduan bagaimana cara mempelajari framework php laravel.

Sebelumnya sudah ada buku yang sangat bagus dari RAhmad Awaludin, yang berjudul Seminggu Belajar Laravel, sebenarnya gag cukup seminggu, apalagi kurang praktek. :D

Baca juga : Ebook Lengkap Jaringan Komputer


Penjelasan Singkat Laravel

Laravel untuk pertama kali dikembangkan sendiri oleh Taylor Otwell. Namun, sampai versi ke-4 sekarang, framework opensource ini dikembangkan bersama oleh komunitas dengan tokoh-tokoh penting selain Otwell adalah Dayle Rees, Shawn McCool (pembaca Nettuts pasti hafal orang ini), Jeffrey Way, Jason Lewis, Ben Corlett, Franz Liedke, Dries Vints, Mior Muhammad Zaki dan Phil Sturgeon. Mereka adalah kontributor sejumlah framework dan library PHP yang luar biasa.

Motto dari Laravel sendiri adalah PHP THAT DOESN’T HURT. CODE HAPPY & ENJOY THE FRESH AIR. Tujuan utama dari Laravel adalah mempermudah Coding dengan menggunakan PHP dalam web developing. Untuk itu, sudah disediakan banyak sekali tools-tools yang dapat mendukung dan mempercepat developing dan pengembangan web.

Mengapa Laravel ?

Dari beberapa sumber, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Laravel. Diantaranya :

  • Coding yang simple
  • Tersedia generator yang canggih dan memudahkan, Artisan CLI
  • Fitur Schema Builder untuk berbagai database,
  • Fitur Migration & Seeding untuk berbagai database,
  • Fitur Query Builder yang keren,
  • Eloquent ORM yang luar biasa,
  • Fitur pembuatan package dan bundle,
Laravel sendiri telah menyediakan teknologi Composer untuk memudakan penggunanya, Composer sendiri adalah fitur (dependency) tambahan untuk PHP yang memiliki basis layaknya Command Line, dan berfungsi sebagai penginstall third-party plugin untuk aplikasi web secara cepat.

Bagi web master, Laravel adalah segalanya. Namun bagi seorang web developer yang baru saja belajar Framework, Laravel memiliki kerumitan tersendiri.

Laravel memiliki kelebihan  dari sisi scripting PHP 5.4+ yang dikenal dengan OOP Minded. Performa laravel sendiri juga cukup bagus, ini cocok dengan web master PHP yang sudah lama berkecimpung dengan menggunakan Framework.

Selain laravel ada banyak framework php, tentunya para developer sudah mengetahui macam macam framework php. Penulis hanya pernah mencoba Codeigniter. Jika sobat ingin melihat prakteknya silahkan lihat video tutorial codeigniter bahasa indonesia yang pernah saya buat.

Jika untuk developer yang baru saja belajar Framework, disarankan untuk memilih Codeigniter. Sebenarnya tidak masalah jika mau memilih belajar Laravel langsung, akan tetapi untuk lebih memahami prosedur MVC lebih disarankan untuk belajar menggunakan Codeigniter terlebih dahulu.

Laravel dan Codeigniter sama saja, hanya perbedaannya ada di kerumitannya. Tergantung dari penggunanya, lebih nyaman dan mudah menggunakan yang mana. Detailnya silahkan tanya sma mbah google.

Daftar isi dari salah satu ebook laravel yang ingin saya reshare:

1. Berkenalan dengan Laravel

1.1. Apa itu Laravel ?

1.2. Kenapa Memakai Laravel ?

2. Memulai Laravel (Instalasi dan Konfigurasi)

2.1 Requirement

2.2 Install Package Laravel

2.3 Struktur Projek Laravel

3. Mengenal Dasar Routing

3.1 Routing Dasar

3.2 Routing Berparameter

4. Mengenal MVC (Model-View-Controller)

5. Mengenal Blade Template Laravel

6. Form dan HTML

7. Schema Builder

8. Migrations

9. Seeding

10. Eloquent

Saya gag bisa laravel, apalagi yang blade blade template,eloquent dan lainnya, Jadi tidak melayani konsultasi ya. Mimin hanya orang yang lagi suka menulis melalui blog, ngoding sudah lama gag di buka :D, Kalau mau ebooknya silahkan di sedot ebook tutorial dasar laravel, dengan ebook tutorial laravel untuk pemula

 
Acuan:

http://www.hafidmukhlasin.com
http://ebook.dede-gunawan.web.id
Jika butuh,  Passwordnya : "dede-gunawan.web.id"
.
Share this article :